Gangguan Pencernaan Pada Anak yang wajib diperhatikan para orang tua

Gangguan Pencernaan Pada Anak yang wajib diperhatikan para orang tua

Gangguan pencernaan pada anak merupakan suatu hal yang biasa terjadi sehingga para ibu tidak perlu terlalu berlebihan mengatasi masalah ini. Kondisi seperti ini tentu bisa kapan saja sehingga para orang tua tidak perlu resah. Jika anak menjadi lebih rewel dan juga tidak nyaman maka hal itu wajar karena gangguan pencernaan memang membuat anak rewel. Adapun hal yang perlu diperhatikan  adalah saluran pencernaan anak sangat berbeda dengan orang dewasa karena sel-sel pada anak masih renggang sehingga orang tua perlu memahami hal tersebut.

Gangguan Pencernaan Pada Anak Yang Sering Menyerang Anak

Ada beberapa gangguan pencernaan yang sering mengganggu anak-anak dan salah satunya adalah irritable bowel syndrome (IBS). Masalah ini akan mempengaruhi kerja usus besar dan sering menyerang anak-anak di usia sekolah dasar Adapun gejala yang paling umum gangguan ini adalah sakit perut, kembung, sembelit/ diare, atau keduanya. Selain itu, gejala lain yang termasuk kedalam gangguan IBS adalah keadaan tersedak untuk membuang air besar atau buang air besar tidak tuntas. 

Selain itu, gangguan pencernaan pada anak lainnya yang bisa menyerang anak adalah konstipasi. Konstipasi biasanya disebabkan oleh pemberian makanan yang kurang tepat, dehidrasi, atau kondisi medis tertentu. Gejala ini sendiri sangat mudah dikenali yaitu anak tidak buang air besar setidaknya dalam tiga kali seminggu.  Gejala lain yang bisa terlihat adalah anak sulit mengeluarkan kotoran, dan tekstur kotorannya keras.

Anda juga tidak perlu khawatir jika perut anak terasa keras, nafsu makan menurun, merasakan sakit ketika mengejan, dan menangis setiap kali diajak ketoilet untuk buang air besar karena gejala lain dari konstipasi. Adapun gangguan yang sering dialami anak lainnya adalah diare. Gangguan ini sendiri terjadi karena beberapa sebab mulai dari infeksi parasit, bakteri atau virus, alergi terhadap makanan atau obat-obatan tertentu dan minum terlalu banyak jus buah , dan lain sebagainya.

Tips mengatasi Gangguan pencernaan pada anak

Ada banyak tips yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk mengatasi gangguan yang berhubungan dengan pencernaan anak. Salah satu yang bisa oleh orang tua khususnya ibu adalah memperhatikan posisi menyusui atau mengkonsumsi makanan yang benar. Dalam hal ini, biasakan menyusui atau menyapih anak dalam keadaan lebih tegak. Pada posisi ini anda perlu pertahankan posisi tersebut sekitar 20 menit setelah pemberian susu atau makanan.

Hal tersebut penting dilakukan untuk mencegah susu dan makanan naik kembali ke kerongkongan dan pastikan juga agar anak tidak terlalu cepat ketika makan atau minum. Selain itu, tips mengatasi gangguan pencernaan pada anak lainnya adalah dengan memijat lembut perut sikecil ketika mengalami kembung. Jangan lupa juga untuk memberikan makanan yang berserat apabila mengalami sembelit karena makanan yang mengandung serat sangat baik untuk mengatasi pencernaan yang sembelit.