Pentingnya UI/UX Design dalam Pengembangan Aplikasi

Saat Anda menggunakan aplikasi, biasanya ada ketertarikan pada tampilan dan kemudahan dalam penggunaan. Hal inilah yang diupayakan oleh  UX Design dalam tampilan aplikasi.

Pentingnya UX Design dalam Pengembangan Aplikasi atau Platform

Sebenarnya bukan aplikasi saja yang dimaksud. Melainkan juga berlaku untuk suatu produk atau platform sebagai alat. Aplikasi perlu dikembangkan untuk memudahkan pengoperasian perangkat.

Apa Perbedaan Aplikasi dan Platform dalam UI/UX Design

Sebenarnya aplikasi dan platform memiliki perbedaan yang tidak kentara. Secara garis besar, platform adalah suatu wadah. Namun untuk menjalankan wadah, seseorang membutuhkan aplikasi. Aplikasi sendiri memiliki banyak jenis merek.

Inilah pentingnya fungsi UI/UX design untuk mengembangkan aplikasi. Karena aplikasi secara mendasar sebagai sistem operasi yang dibungkus dengan nama tertentu. Contoh ketika Anda menggunakan browser, ada banyak jenisnya meliputi Firefox, Crome, Opera, Internet Explorer, dan lainnya.

  1. Branding

Pengembangan aplikasi dengan UI/UX Design pada dasarnya membuat suatu produk baru untuk mengoperasikan. Untuk itu brand tertentu akan muncul untuk membawai beberapa aplikasi. Contohnya social media platform yang digawangi oleh meta.

WhatsApp sejak tahun 2014 diakuisisi oleh Facebook. Facebook kini berubah nama menjadi meta. Meta sendiri menjadi pengganti nama karena Facebook melampaui tujuan awal pendirian untuk menghubungkan masyarakat.

Tekat CEO Facebook tersebut sebagai contoh bukti bahwa fungsi UI/UX design mengembangkan brand. Pada selanjutnya UX (user experience) secara bertahap mendesain WhatsApp. Pengalaman pengguna kini WhatsApp tidak dapat digunakan di operasi OS 4.0 dan versi lebih lama.

  1. Traffic dapat Dinaikkan

Keberadaan UI/UX sangat mempengaruhi traffic suatu aplikasi. Pendapatan aplikasi didapatkan melalui dua hal, iklan dan traffic pengguna. Untuk yang tidak mengandalkan iklan, maka traffic pengguna perlu dinaikkan.

Traffic dipahami sebagai posisi tawar yang dapat dijadikan tempat bisnis. Biasanya dilakukan dengan mengembangkan UI/UX pada aplikasi. Pengalaman pengguna dalam aplikasi tertentu dapat dilihat bagaimana rating yang diberikan.

Seperti sebuah review produk. Kemudahan penggunaan meningkatkan kunjungan dan pemakaian terhadap suatu aplikasi. Ini akan menaikkan posisi aplikasi. Sehingga dapat menjadi rujukan pemasangan iklan.

  1. Konversi Pengguna

Selain kedua hal tersebut, fungsi UI/ UX design sangat penting bagi pengembangan bisnis, baik dari segi menghemat biaya dan waktu pemasaran juga dapat meningkatkan konversi pengguna. Pengguna baru bisa menggunakan jika membayar lebih dahulu, ini tentu menaikkan harga dan penghasilan bisnis.

Oleh karena itu, tampilan dan pengalaman penggunaan aplikasi dapat mempengaruhi aplikasi itu sendiri. Perlunya UI/ UX design pada aplikasi dapat mempertahankan posisi dan keberadaan aplikasi itu sendiri.