Simak Cara Menjadi Programmer Fresh Graduate Pada Sebuah Startup

Menjadi pemrogram sampai pengembang software di sebuah perusahaan apalagi startup tentu jadi incaran para lulusan baru. Namun tentu saja tidak mudah untuk masuk menjadi seorang pengembang software atau program pada sebuah startup apalagi untuk ukuran perusahaan startup yang besar.
Namun tidak perlu khawatir, Anda yang baru lulus kuliah di bidang IT juga bisa berkarir menjadi seorang pemrogram apalagi jika bisa masuk perusahaan startup. Begini strateginya.

Ketahui Tim Masing-masing

Pada setiap perusahaan startup biasanya punya tim yang terbagi menjadi empat tim. Tim yang pertama adalah tim development dan biasanya tim ini banyak dicari oleh para lulusan baru. Adapun ini fokusnya pada pengembangan software hingga aplikasi.
Yang namanya tim operasional yang juga banyak dicari oleh para lulusan baru. Tujuan adanya tim operasional untuk melakukan monitor pada semua kebutuhan operasional di perusahaan. Juga yang namanya tim analisa yang pekerjaannya untuk merencanakan dan pengambilan keputusan. Yang terakhir adalah tim QC atau quality control. Dimana tim ini melakukan pengontrolan langsung mulai dari pengembangan aplikasi, sampai proses testing dan aplikasi atau program dipakai oleh user.

Tools Yang Dibutuhkan

Perusahaan startup terdiri dari berbagai bidang sehingga tools yang digunakan juga berbeda-beda. Maka dari itu sebagai pemrogram, Anda harus tahu bahwa setiap tools punya perbedaan dari berbagai segi.
Jadi Anda harus belajar tools yang sesuai dengan dimana tempat anda melamar pekerjaan. Hal ini untuk membuat Anda siap masuk ke dunia kerja.

Kuasai Bahasa Pemrograman

Sebagai orang yang membuat program atau aplikasi, Anda tentu tidak harus memahami semua bahasa pemrograman. Pastikan Anda menguasai 1 bahasa pemrograman dan memahami setidaknya dua atau lebih bahasa pemrograman. Karena memang jika Anda adalah kandidat lulusan baru tentu menguasai salah satu bahasa pemrograman saja sudah sangat dimaklumi karena anda tidak perlu jadi orang yang super mahir.
Namun ketika Anda menguasai dan memahami bahasa pemrograman maka menjadi salah satu nilai plus mengapa anda harus direkrut oleh perusahaan startup.

Tahu Cara Membuat Clean Code

Sangat penting bagi Anda lulusan baru untuk mengetahui cara membuat clean code. Karena bad code hanya akan membuat pekerjaan jadi semakin lama apalagi jika bekerja di sebuah tim di perusahaan. Pastikan menuliskan kode secara rapi dan mudah dipahami, sehingga membuat pekerjaan sesuai dengan deadline.
Sebagai lulusan baru, wajib memahami apa perbedaan antara kode yang bersih dan kode yang berantakan.

Meskipun anda merasa bahwa punya bakat yang mumpuni menjadi seorang pemrogram, tetap harus memahami alur kolaborasi kerja di sebuah tim agar pekerjaan lebih efektif dan efisien. Bagi yang ingin memiliki karir sebagai pemrogram, Anda bisa mencoba untuk melamar pada lowongan kerja programmer fresh graduate di Nextgen.
Nextgen menawarkan beberapa posisi pekerjaan di bidang IT. Sebaiknya sesuaikan dengan kualifikasi yang anda rasa mampu untuk mendapatkan pekerjaan pada posisi tersebut.