5 Cara Mudah Biasakan Anak Minum Susu Formula

5 Cara Mudah Biasakan Anak Minum Susu Formula

Anak membutuhkan asupan nutrisi lengkap agar bisa bertumbuh dan berkembang secara optimal. Salah satunya bisa didapatkan dari produk susu formula yang sebaiknya memang rutin dikonsumsi setiap hari. Namun terkadang sulit bagi anak untuk rutin meminum susu formula. Apalagi bagi anak yang sudah terbiasa menerima ASI langsung dari sang ibu. Berikut ini ada 5 cara mudah yang bisa diterapkan agar anak terbiasa minum susu formula.

1. Pilih Rasa yang Tepat

Tips pertama, cobalah untuk memilih rasa susu formula yang paling tepat. Ada banyak sekali produk susu formula yang beredar di pasaran saat ini dan rasanya juga sangat beragam. Pilihlah rasa yang paling disukai oleh si kecil.

Bisa saja Anda membutuhkan waktu yang panjang untuk menemukan rasa apa yang dirasa paling cocok dan disukai anak. Solusinya, belilah susu formula dalam kemasan saset atau kemasan paling kecil terlebih dahulu.

2. Ciptakan Suasana yang Menyenangkan

Jangan memaksa anak untuk menghabiskan susu formulanya. Cobalah untuk menciptakan suasana yang menyenangkan saat tiba waktunya minum susu. Anda bisa mengajak si kecil untuk duduk bersama di meja makan. Hibur si kecil agar suasana hatinya dalam kondisi yang bagus. Jika ia merasa senang maka akan lebih mudah baginya untuk menghabiskan susu formula yang sudah disajikan.

3. Gunakan Botol atau Gelas yang Lucu

Cara lain yang bisa Anda coba untuk membiasakan anak minum susu formula adalah gunakan botol atau gelas yang lucu. Biasanya anak-anak akan semakin bersemangat untuk makan dan minum jika peralatan yang dipakai menarik. Pilihlah warna botol atau gelas yang menarik dan jauh lebih baik lagi jika ada motif karakter yang disukai oleh si kecil. Hal sederhana ini akan membuat anak bersemangat untuk meminum susunya setiap hari.

4. Buat Jadwal Minum Susu

Usahakan untuk membuat jadwal minum susu yang rutin setiap hari. Jadwal ini sangat penting karena bisa mengatur waktu makan dan minum susu tanpa berbenturan. Pastikan bahwa jarak waktu minum susu dan makan cukup panjang sehingga anak tak bergantung pada satu sisi saja. Jika jaraknya terlalu dekat maka anak bisa saja malas minum susu atau malas makan karena sudah merasa kenyang.

5. Biasakan Perlahan-lahan

Jangan terburu-buru membiasakan anak untuk minum susu. Pembiasaan memang butuh proses dan Anda sebaiknya bersabar menikmati proses tersebut. Apalagi jika si kecil sudah lama terbiasa menerima ASI secara langsung. Butuh waktu baginya untuk menerima susu formula jadi lakukan saja perlahan-lahan. Cobalah memberikan porsi kecil terlebih dahulu agar anak terbiasa dengan rasa susu yang diberikan.

Pastikan Anda terus berusaha untuk memberikan nutrisi terbaik bagi buah hati tercinta. Lengkapi kebutuhan gizi si kecil melalui makanan padat juga susu formula berkualitas. Anda bisa memilih produk susu S26 yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang. Langsung saja cek katalog S26 2022 untuk menemukan produk yang tepat bagi buah hati.